7 Wisata Bengkulu Menarik yang Tersembunyi dan Masih Jarang Dikunjungi

Merdeka.com – Wisata Bengkulu memiliki daya tariknya tersendiri di antara wisata di berbagai daerah di Indonesia. Bengkulu adalah provinsi yang terletak pantai barat Pulau Sumatra. Provinsi Bengkulu terkenal dengan Bunga Refflesia Arnoldy, yang menjadi keunikan utama wisata Bengkulu.

Di Bengkulu terdapat 189 destinasi wisata di Bengkulu yang terbagi ke dalam golongan destinasi wisata alam sebanyak 169 dan heritage (budaya/sejarah) sebanyak 20, yang tersebar di 9 kabupaten dan 1 kota.

Selain itu masih ada beberapa tempat wisata Bengkulu yang tersembunyi dan masih jarang dikunjungi. Banyak pantai menarik di Provinsi Bengkulu yang menawarkan pemandangan yang menenangkan dan menakjubkan.

Pantai Koomang Pulau Enggano

Wisata Bengkulu pertama yang menarik dan masih belum cukup ramai yakni pantai Koomang Pulau Enggano. Pulau Enggano terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Di Pantai Koomang Pulau Enggano terdapat sebuah tebing setinggi 10 hingga 20 meter yang memisahkan dua lautan.

Karena masih jarang dijamah, mudah menemui ikan hias. Pantai dengan kadar garam yang cukup tinggi ini pun cocok untuk snorkeling karena membuat seseorang mudah mengapung.

Pantai Pulau Tikus

Wisata Bengkulu selanjutnya yang tak kalah luar biasa yakni pantai Pulau Tikus. Objek Wisata Pulau tikus merupakan sebuah pulau karang kecil yang terletak di sebelah barat kota Bengkulu.

Pada zaman dahulu pulau ini merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut samudra Indonesia. Ukuran pulau ini sekitar 60 x 100 meter dan terdapat menara mercusuar.

Pantai Laguna Samudra

Wisata Bengkulu berikutnya yaitu Pantai Laguna Samudra. Pantai Laguna Samudra cocok menjadi tempat healing dengan keindahan panoramanya. Pantai Laguna Samudra terletak di dipesisir Pantai desa Merpas kecamatan Nasal Kabupaten Kaur sekitar 25 Km dari kota Bintuhan ke arah Propinsi Lampung.

Ketika sampai di sana kamu tak perlu khawatir karena ada berbagai fasilitas seperti penginapan, parkir, dan toilet umum.

Pantai Karang Nyerbu

Wisata Bengkulu yang masih seputar pantai yakni Pantai Karang Nyerbu. Pantai Karang Nyerbu berlokasi di Desa Pajar Bulan (air langkap) Kecamatan Kaur Tengah atau tepatnya menempuh jarak 5 km dari Kota Bintuhan ke arah Kota Bengkulu.

Nama Nyerbu sendiri yaitu diperoleh dari air lautnya yang memancar ke atas atau nyerbu dalam bahasa Kaur. Pantai ini sangat cocok untuk memanjakan diri dan bersantai karena masih jarang didatangi oleh wisatawan luar Bengkulu.

Pantai Cukoh

Wisata Bengkulu satu ini menawarkan pemandangan yang menghibur mata. Pantai Cukoh memiliki pasir putih dengan lingkungan yang bersih. Karena tidak seramai pantai yang lain, pantai cukoh masih kaya akan biota laut dan kerrang yang beragam.

Pantai Cukoh pun pernah masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia 2019 sehingga semakin menjadikannya pantai yang lebih dikenal.

Danau Pinggir Pantai

Danau pinggir pantai ini masih menjadi wisata Bengkulu yang jarang diketahui. Posisi danau seluas lebih dari 10 hektare itu tepat berdampingan dengan Samudra Hindia yang terkenal dengan keganasan ombaknya.

Tidak sulit untuk mencapai lokasi ini. Dari Kota Bengkulu kita menempuh perjalanan 30 menit saja menuju Bengkulu Utara melewati Jalaur Lintas Barat (jalinbar) Sumatra.

Lokasi ini berada di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Di desa tersebut, kita bisa menemukan papan tanda nama SD Negeri 13 dan SMP Negeri 5 Pondok Kelapa, kemudian kita hanya mengikuti jalan aspal kasar sejauh 4 kilometer dari sana.

Setibanya di ujung jalan, kita akan langsung disuguhkan pemandangan menakjubkan dari atas tebing yang bisa juga dimanfaatkan sebagai Camping Ground bagi para traveller. Bibir pantai Samudra Hindia hanya berjarak 50 meter dengan tepian danau.

Danau Biru

Danau Biru adalah wisata Bengkulu yang menakjubkan. Danau Biru mulanya adalah terbentuk karena bekas pertambangan yang hingga kini masih dilakukan di lingkungan sekitarnya.

Danau Biru seperti namanya menawarkan pemandangan air danau yang berwarna biru cerah dan masih terlihat sangat alami dan belum terjamah. Karena berlokasi di wilayah Kosong, Bengkulu Tengah, Bengkulu yang cukup terpencil, akses ke Danau Biru memang sedikit membutuhkan perjuangan dan tak bisa menaiki transportasi umum.