Digoyang Gempa, Pegawai ESDM Berhamburan

Bengkulu – Gempa yang berkekuatan 6.5 Skala richter tiba-tiba muncul saat jam kerja mengguncang   kota Bengkulu. Praktis seluruh karyawan berhamburan keluar kantor dan mencari tempat berlindung sesuai SOP mitigasi bencana.

 

Puluhan karyawan dinas ESDM provinsi Bengkulu  keluar menuju lapangan didepan kantor sambil menutupi kepala saat berlari mengikuti jalur evakuasi  . “Setelah kejadian karyawan segera berlari mengikuti jalur evakuasi” ujar Ramlan, karyawan bidang Geologi dinas ESDM. selasa (26/4) di kantor ESDM provinsi Bengkulu.. Setelah sampai di lapangan dan berkumpul di titik kumpul aman yang telah di tentukan sebelumnya maka puluhan karyawan yang panik ini menunggu selama  lima menit untuk bisa kembali beraktifitas seperti semula.

 

Jika sudah ada pemberitauan dari BMKG bahwa gempa yang terjadi tidak membahayakan  sela jutnya dan tidak berpotensi tsunami.  Namun jika sebaliknya dimana gempa menyebabkan kerusakan yang fatal dan dapat membahayakan maka langkah selanjutnya adalah proses SOP mitigasi berdampak.

 

Hal diatas adalah latihan atau simulasi mitigasi bencana  yang di lakukan oleh Dinas ESDM provinsi Bengkulu sebagai bentuk edukasi kepada karyawan dan untuk selanjutnya kepada masyarakat luas agar dapat bersiap menghadapi bencana gempa yang bisa datang tiba-tiba. “Mitigasi ini adalah bagian dari program pemerintah pusat melalui BPBD agar setiap ASN mengetahui tahapan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana” tambah Ramlan yang juga sebagai koordinator  simulasi migatasi Bencana Gempa dinas ESDM provinsi Bengkulu.

 

Sebelunya pihak BMKG memang telah menyatakan  bahwa Provinsi Bengkulu rawan gempa dan kawasan pantai di provinsi itu memiliki potensi dilanda tsunami. Namun warga tidak semestinya cemas berlebihan, melainkan perlu bersiaga. Di sekitar Bengkulu itu memang kawasan seismik aktif jadi warga disarankan perlu membangun bangunan tahan gempa karena yang menimbulkan korban jiwa bukan gempa, tapi bangunan jadi itu kunci keselamatan.