Tiga Kabupaten Bersiap Program Pasang Baru Listrik Gratis

Bengkulu – Dinas ESDM Provinsi Bengkulu komitmen melanjutkan program pemasangan listrik gratis bagi rumah tangga kurang mampu. Tiga Kabupaten tersebut yaitu Bengkulu Selatan , Lebong dan Kepahiang sedang dalam proses pematangan data penerima.

“ Dari progres terakhir, kita sedang menyiapkan program lanjutan untuk Bengkulu Selatan, Lebong dan Kepahiang, ” terang Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu melalui Kabid Energidan Ketenagalistrikan Ferry Erwansyah. ST, (Selasa (27/7) di ruang kerjanya.

Menurutnya, program ini terealisasi melalui kerjasama pemerintah Provinsi Bengkulu dengan perusahaan Swasta dengan skema Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR), yaitu pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan .

“Sebelumnya kita sudah sukses melaksanakan ini di Kabupatenupaten Seluma dan Kaur,” tambah Ferry.

Saat ini Dinas ESDM Provinsi Bengkulu menargetkan semua kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu dapat menikmati program ini. Pihaknya juga mengajak perusahaan yang ada di setiap kabupaten/kota untuk mau berkontribusi dalam program ini.

Sejauh ini data yang masuk untuk program ini tercatat Kabupaten Seluma terpasang 140 KK (Kepala Keluarga.red), Kabupaten Kaur pemasangan instalasi 50 KK, Kabupaten Bengkulu Selatan persiapan pemasangan 34 KK, Kabupaten Lebong persiapan awal, sedang tahap verifikasi ulang oleh Kabupaten Lebong sebanyak 127 KK, Kabupaten Kepahiang sedang tahap koordinasi program.

Ferry menambahkan dalam menjalankan program ini tentu terdapat kendala di lapangan antara lain sangat diperlukan dukungan baik dari Pemprov Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten untuk mempercepat progress program pasang baru listrik gratis. Selanjutnya. Harus dilakukan verifikasi ulang dari Pemerintah Kabupaten terkait data penerima program pasang baru listrik gratis agar supaya tepat sasaran, selanjutnya data yg telah diverifikasi ulang dilakukan pemadanan data penerima pada sistem PT. PLN ULP.

Selanjutnya lagi menurutnya , Intensifikasi harus dilakukan yaitu dukungan dana fasilitasi untuk kesuksesan program pasang baru listrik gratis bagi warga miskin dan koordinasi yang integratif antara pemprov dan pemerintah Kabupaten karena dengan memperhatikan Perpres 61/2020 tentang Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024, bahwa Provinsi Bengkulu sudah tidak masuk dalam daftar penetapan daerah tertinggal, dan sebagaimana hasil koordinasi dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan bahwa Provinsi Bengkulu di berikan waktu tempo (masa transisi) s/d akhir Desember 2022 untuk diskon 50% Biaya Penyambungan (BP) untuk pasang baru listrik gratis subsidi bagi warga miskin.

“Kita masih terus fokus mencari solusi bersama untuk kendala yang ada, targetnya semua kabupaten dapat dan penerima manfaat program ini dapat lebih banyak lagi,” pungkasnya.