Kasus Covid 19 Meningkat, Pegawai WFH

Bengkulu – Meningkatnya angka pasien yang terpapar virus Covid 19 di Provinsi Bengkulu dalam dua minggu terakhir memaksa  semua pihak untuk bisa menyesuaikan diri dalam beraktifitas keseharian. Termasuk jadwal  pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Melalui Surat Edaran Gubernur  Provinsi Bengkulu, pegawai di lingkungan OPD Pemprov Bengkulu melaksanakan sistem Work from Home (WFH).

Dalam Surat Edaran Nomor 800/870/BKD/ 2021, kehadiran pegawai menggunakan absensi manual dan jumlah kehadiran pegawai  di kantor hanya 25 % dari total karyawan.

“ Berdasarkan SE tersebut kita pegawai Dinas ESDM Provinsi Bengkulu sudah mulai sistem WFH sejak minggu terakhir bulan Juni kemarin dan untuk tahap awal ini berlaku hingga tanggal 8 juli 2021“ ujar Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ir. Ahyan Endu melalui Sekretaris Dina Dr. Dhanus Suryawan,  Jum’at (2/6) di ruang kerjanya.

SE ini sebagai tindak lanjut dari intruksi Mendagri Nomor 14 tahun 2021 tanggal 21 Juni perihal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan corona virus disease 2019 (covid 19) demi mengantisipasi penyebaran pandemi .

Dhanus menambahkan pihak Dinas ESDM juga memberlakukan jadwal piket bagi pegawai yang hadir kantor. Selanjutnya  menurutnya lagi, meski pekerjaan dilakukan di rumah setiap pimpinan langsung berkewajiban mengontrol pekerjaan kantor bawahannya di rumah melalui laporan reguler.

Dalam SE ini juga disebutkan bahwa ASN dilarang mengajukan cuti dikecualikan dengan alasan cuti melahirkan/sakit dan alasan penting. “pemberlakaun ini bisa saja diperpanjang sesuai petunjuk pimpinan,“ pungkas Dhanus.