Bagaimana Membuat Industri Tambang Jadi Ramah Lingkungan?
Bagaimana Membuat Industri Tambang Jadi Ramah Lingkungan?
Industri tambang bisa menjadi lebih ramah lingkungan dengan mengembangkan dan mengintegrasikan praktek-praktek yang mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan industri tambang.

Terdapat sejumlah cara dan teknologi pengelolaan sedang dikembangkan dan digunakan oleh industri tambang untuk mengurangi dampak dan membuat industri tambang menjadi lebih ramah lingkungan. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan :

Menutup Industri Tambang Ilegal
Dengan menutup industri tambang yang ilegal dan usaha tambang yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, dapat menjadi salah satu langkah yang ditegakkan untuk mencegah parahnya dampak lingkungan akibat industri tambang ilegal yang tidak peduli lingkungan.

2. Penambangan Sisa Dan Daur Ulang

Dengan mengurangi jumlah penggunaan bahan di industri tambang, dan dengan mengarahkan produksi ke barang yang mudah digunakan kembali atau didaur ulang, industri tambang bisa mulai mengurangi dampak lingkungannya.

3. Menegakkan Peraturan Perundang-undangan

Peraturan perundang-undangan mengenai efisiensi usaha pertambangan terutama mengenai regulasi pasca tambang guna melindungi beberapa sumber daya yang tersisa, tidak hanya akan melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat, tetapi juga akan meningkatkan keberlanjutan industri tambang.

4. Investasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Green Mining

Industri tambang adalah salah satu industri yang selalu membutuhkan penelitian dan pengembangan yang tepat untuk memastikan keberlanjutan dan mengubahnya menjadi usaha yang lebih ramah lingkungan. Green Mining bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan sebelum dan sesudah proyek tambang.

5. Reklamasi Lingkungan

Aktivitas yang tampaknya sederhana namun jarang diprioritaskan, mereklamasi kembali lahan tambang dan lingkungan adalah satu faktor kunci untuk melindungi dampak industri tambang terhadap lingkungan.

Hal ini bisa dilakukan dengan membersihkan limbah dan membuangnya ke tempat yang benar, maupun inspeksi lokasi dan penanaman kembali pohon dan kehutanan alami yang dapat meremajakan perbaikan ekosistem jangka panjang setelah kegiatan tambang tidak lagi beroperasi di wilayah tersebut.

6. Meningkatkan Efisiensi Proses Manufaktur

Pengawasan proses manufaktur ini sangat penting untuk mengembangkan cara pikir baru, dan alat pengawasan baru yang akan membantu melindungi transisi ke pola penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan tidak berbahaya bagi lingkungan.

Disadur dari ilmutambang.com