Potensi ESDM di Bengkulu, Yuk Investasi!

Bengkulutoday.com – Potensi energi sumber daya mineral di Provinsi Bengkulu melalui pemetaan potensinya turut menjadi referensi bagi investor.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ahyan Endu memaparkan, pemetaan berdasarkan jenis mineralnya di Bengkulu ada 8 substansi bebatuan, dua geowisata serta potensi panas bumi.

“Batubara, Pasir Besi, Batuan Alterasi, Granit, Batu Gamping, Obsidian, Andesit, Bijih Besi. Ditambah potensi pertambangan Lebong Tambang juga Potensi Panas Bumi di Gunung Api Kaba dan Kawah Tujuh Warna serta Geowisata,” sampai Ahyan, Selasa (04/02/2020), di Kota Bengkulu.Batubara sebagai komoditas utama investasi pertambangan banyak terletak di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Mukomuko dan sebagian kecil di Rejang Lebong.

“Cadangannya mencapai 292.798.192 ton,” kata Ahyan.Sedangkan pasir besi yang terendap di pantai mengandung endapan pasir kwarsa, kerakal dan rawa.”Lokasi tersebar di area pantai Lais dan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara, area Pantai Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, area pantai Air Hitam Mukomuko, dan area pantai Pasar Ngalam Seluma,” jelas Kadis.

Sementara Batuan Alterasi yang mengandung emas dan mineral ikutan tersebar pada wilayah Kabupaten Lebong 0.300 Moz, Bengkulu Utara 0.50Moz, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur 7Moz.

Granit potensi 10.624.400m³ (ArsindoKonsultan,2000) dan 63.700.000³ (Wahana Hijau,1998/1999). Berlokasi di Air Putih Desa Tambang Sawah, Air Kopras, Air Musna Rejang Lebong dan Bukit Kayu Manis Desa Sukarame Seginim Bengkulu Selatan.

Batu Gamping pada galian C tersusun mineral karbonat terdapat di Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong, dan Bengkulu Utara dengan cadangan 1.000.000.000 ton.Obsidian yang terbentuk oleh proses aliran gelas vulkanik memiliki cadangan tereka 43.900.000 ton.b

“Banyak tersebar di wilayah Kabupaten Rejang Lebong Desa Sindang Jati, Kebon Agung, Sumber Urip, Sindang Jaya dan Batu Bandung,” sampai Ahyan.

“Untuk Andesit banyak tersebar di Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, RejangvLebong, Kepahiang, Seluma dan Bengkulu Selatan dengan cadangan tersedia 75.000.000 ton.Sementara ini data potensi minerba baru belum diperbaharui sedangkan potensi di atas berdasarkan data 2017.

Pewarta : Bisri Mustofa

(sumber : bengkulutoday.com)