Program Prioritas Tabung Gas LPG Gratis untuk Masyarakat Tidak Mampu

Bengkuluprov – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menegaskan bahwa salah satu dari 18 program prioritas Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu berupa bantuan Tabung Gas LPG Gratis, hanya untuk masyarakat provinsi Bengkulu yang tidak mampu.

Hal ini disampaikan Sekda usai rapat pembahasan Program Bantuan Tabung LPG 3 kg Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Provinsi Bengkulu, Kamis, (30/09/2021) di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu.

Rapat yang dipimpin langsung Sekda tersebut guna memastikan bahwa bantuan LPG 3 kg yang merupakan program prioritas ini tepat sasaran.

“Kita telah melaksanakan rapat untuk aksinya, karena untuk penerima tabung ini harus memiliki kriteria tertentu masyarakat kurang mampu atau UKM. Kita telah mengumpulkan kepala dinas sosial, perindustrian dan perdagangan kemudian ESDM untuk sama-sama mendata agar tidak salah sasaran,” jelas Hamka Sabri usai rapat bersama.

Hamka menambahkan, tabung LPG 3kg gratis ini sudah dianggarkan dalam APBD 2022 dengan estimasi 1000 tabung untuk seluruh Provinsi Bengkulu lengkap dengan isinya. Ditargetkan pada Novermber 2021 pendataan masyarakat penerima selesai dilakukan.

Selanjutnya 1000 LPG 3kg ini akan distribusikan ke 10 Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu. Program ini akan dilaksanakan setiap tahun hingga 2026 sesuai dengan RPJMD Provinsi Bengkulu.

“Kita targetkan pendataan pada bulan November selesai, di akhir November itu SK sudah selesai, SK Gubernur calon penerima tabung gas 3kg beserta isinya se Provinsi Bengkulu,” tambah Hamka.

Adapun kriteria masyarakat yang akan mendapatkan tabung LPG 3kg, Hamka mengungkapkan adalah masyarakat kurang mampu yang telah memiliki kompor gas ataupun usaha mikro yang memang membutuhkan bantuan tabung gas.

“Jadi ada kriterianya yang pertama warga masyarakat tersebut harus mempunyai kompor gas, kemudian merupakan masyarakat tidak mampu, kriteria tersebut juga sama kepada usaha kecil mikro, misal tabung gasnya cuma satu sehingga kadang usaha terhenti karena tidak ada gas itu juga masuk kriteria akan dibantu,” tutup Hamka.

Donny Brilianto selaku Sales Area Manager Pertamina Lampung-Bengkulu menyatakan siap mendukung pemerintahan Provinsi Bengkulu dalam rangka membantu penyaluran Tabung Gas LPG 3kg gratis ini kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

“Kami dari Pertamina mem-back-up dari sisi jalur distribusinya, dari agen, pangkalan, kemudian data dari konsumen yang selama ini membeli LPG 3kg,” jelas Doni.

 

Teks & Editor: Media Center Pemprov Bengkulu