SiPATROL Inovasi Baru Data Pertambangan

Dinas ESDM Provinsi Bengkulu melaksanakan sosialisasi dan Bimtek SiPatrol (sistem pelaporan Data Pertambangan Online).

“Ini murni inovasi kita, khususnya Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, mengingat penting dan manfaat dari aplikasi ini semoga dapat dimanfaatkan maksimal oleh pihak terkait,” ujar Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ir. Ahyan Endu usai membuka acara, Rabu (30/6/21) di Aula Pertemuan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu.

Sistem aplikasi ini bersifat independen dan dikelola oleh Pemda Provinsi Bengkulu, dalam hal ini Dinas ESDM Provinsi Bengkulu yang membidangi Bidang Mineral dan Batubara.

Jenis data yang dilaporkan oleh perusahaan tambang dalam aplikasi ini adalah data produksi, penjualan, tenaga kerja, peralatan, penggunaan bahan bakar minyak dan reklamasi penggunaan lahan.

Dengan aplikasi SiPatrol ini, proses pengumpulan data tambang bisa semakin praktis dan tidak mesti menunggu per-triwulan seperti selama ini dan data dapat di-update perbulan.

Acara ini diikuti oleh pelaku perusahaan batubara yang aktif, APBB (Asosiasi Perusahaan Batubara Bengkulu) dan Inspektur Tambang Bengkulu.

Selanjutnya, Kepala Bidang Minerba Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Fajar Nugraha, ST mengungkapkan, bahwa aplikasi ini bisa diakses di website resmi ESDM dan penggunanya, dan loginnya khusus untuk pelaku usaha pertambangan Bengkulu.

“Nantinya aplikasi ini bisa diakses oleh user, dalam hal ini pihak perusahaan tambang batubara yang aktif,” terangnya.